15 October 2018

Secuil Petualangan Menelusuri Lebatnya Belantara.


Petualang merupakan kegiatan yang tidak boleh tidak lazim, extrim dan seru bahkan menarik serta ketagihan namun menggunakan teknik teknik atau teknik untuk. Pada umumnya orang yang suka petualang memiliki sifat nekat, berani dan selalu mencari pengalaman atau informasi yang baru, petualang indentik dengan pendaki gunung kerena pendaki gunung yang sangat jelas cantik meskipun petualang juga beragam jenis lainnya.

Penjelajah sangat dekat dengan petualang hanya saja penjelajahan melakukan penelitian, pendataan, mencari informasi tentang lingkungan, alam, sumber daya dan sebagainya tapi ada juga petualang sambil menjelajah.

Akhir-akhir ini olahraga alam bebas itu banyak di minati oleh remaja atau pemuda saat ini, seperti terbuka mahasiswa. Pada umumnya sangat banyak yang memiliki hobi berpetualang seperti tampilan mahasiswa pecinta alam (mapala).

Loc. Burni Kelieten

Memakai carieng atau tas gunung di pundak gagah dan berani. Membuat perencanaan yang lama tidak menjadi penghalang atau hambatan bagi seseorang yang berhobi petualang.

Hari libur kuliah merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk traveling atau jalan jalan (petualang) terbilang rasa bosan yang sudah lama terpendam ketika jadwa kuliah penuh, seperti saya waktu libur kuliah yang sangat cocok untuknya (wah gunung).

Berawal dari sebuah UKM pecinta alam yang ada di kampus saya yaitu organisasi yang bergerak di bidang kelestarian alam, konservasi alam bebas seperti pendaki gunung, panjat tebing, susur gua dan arung jeram (arum jeram). Saya bergabung di tahun 2016 silam atau sekitar 2 tahun yang lalu, banyak pengalaman dan wawasan yang saya dapatkan di UKM tersebut, mulai dari ilmu baru yang tidak ada di ruang kuliah, kawan baru juga berbeda. Petualang atau menjelajah menjadi hobi saya untuk saat ini walaupun masih bisa di katakan sebagai pemula (masih pelajar / mahasiswa), baru selamat gunung gunung kecil.

Loc. Burni Kelieten

Berjalan menuju ke tempat yang jauh dari keramaian, gangguan kota bahkan dari sibuknya aktivitas manusia. Tersenyum saat melihat indahnya negeriku namun terasa sedih pada saat sisa sisa mesin yang terbengkalai belum lagi dengan suara mesin pemotong kayu yang berbunyi tiada henti, jalur-jalur setapak penuh dengan jejak kerbau yang menarik kayu ilegal dari paru-paru dunia (hutan).

Loc. Burni Kelieten
Jalan kaki sambil menikmati indahnya perjalanan, baik pohon pohon kecil maupun besar yang penuh dengan lumut hijau dan lembab. Daun kering yang menutupi tanah menjadi tempat pijakan kaki yang nyaman dah menghasilkan suara yang khas, meski berjam-jam tapi rasa pegal akan menjadi kenikmatan tersendiri, pakai carieng atau tas gunung di pundak tanpa gagah dan berani.

Loc. Burni Kelieten
Hari mulai menuju malam pertanda matahari mulai terbenam, suara aneh dan langka mulai terdengar dengan udara dingin yang sangat khas suasana di hutan, camp camp atau tempat istirahat hal yang pasti di setiap malam, saat pagi hari yang segar serta sejuk dan ditemani kopi panas dan sarapan pagi.

Loc. Burni Kelieten
Menjelajah alam yang penuh misteri dan menyimpan banyak manfaat bagi manusia, boleh dikatakan alam memberikan sesuatu kepada manusia baik secara langsung maupun tidak langsung demikian juga jika kita jahat nikmat maka akan terjadi bencana alam seperti banjir, longsor dan sebagainya.

Penulis
Fajri ul.


Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search