05 March 2019

Tanam Mangrove Untuk Masa Depan


Mahasiswa Pencinta Alam Jabal Everest Universitas Jabal Ghafur Sigli merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang terdapat di Universitas Jabal Ghafur Sigli (Unigha), unit ini berada dibawah naungan kampus Unigha, salah satu UKM tertua di Unigha.

Dalam rangka memperingati Hari Strategi Konservasi sedunia, UKM yang berada di bawah naungan kampus ini menggelar " Penanaman 1001 mangrove". Andi Firdaus juga menjelaskan betapa pentingnya mangrove untuk rumah bagi hewan laut serta tidak terjadi erosi.

UKM PA Jabal Everest Unigha berkerjasama dengan Pramuka Saka Wira Kartika Pidie, untuk mewujudkan pesisir pantai yang indah serta bebas abrasi. Dalam kegiatan ini masyarakat serta komunitas yang berada di kabupaten Pidie juga ikut terlibat dalam program ini. Hadirnya Hutan Mangrove sangat berperan penting dalam menjaga garis sungai agar tetap stabil. Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian sungai dari pasang surut air laut yang berpotensi menghantam dan merusak pematang sungai. Selain itu, peran penting Hutan Mangrove lainnya yakni melindungi tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi.

Selain itu, unit yang berdiri sejak tahun 2006 silam juga meningkatkan kemampuan untuk menciptakan generasi muda yang peduli terhadap alam ini.

Kegiatan ini berlangsung di Desa Sukon Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Pada tanggal 10 Maret 2019.

Ayo sukseskan penanaman 1001 mangrove dari Pidie untuk dunia.


By : fajri ul
JE.B.09.050.UJG

2 comments:

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search