19 August 2020

Silmulasi Ekspedisi Mereuseu Di Puncak Cempaga.

doc. JE (Pucak Cempaga)
                                            Doc. JE (Pucak Cempaga) Maulana, Rizki Azmaz, Muhammad Alfarizi dan Rizkirullah

UKM PA Jabal Everest Unigha, mengelar kegiatan Ekspedisi Gunung Mereuseu di Kec, Tangse Kab, Pidie. Sebelum melakukan ekspedisi, tim harus melakukan silmulasi di Puncak Cempaga Kec, Lembah Selawah Kab, Aceh Besar melalui Desa Pulo Aceh Kec, Lamtamot Kab, Aceh Besar. Tim Silmulasi terdiri dari Maulana, Rizkirullah, Muhammad Alfarizi (Supervisor) dan Rizki Azman (Pedamping Supervisor).

Doc je, Pelepasan Tim Silmulasi

Selasa 11 agustus 2020

Pada pukul 10:00 wib kami melakukan ritual pelepasan di gedung 8 sagoe yang di pimpin oleh karo kemahasiswaan, Setelah melakukan pelepasan kami duduk sejenak menunggu isoma setelah isoma. kami memulai perjalanan menuju titik star yang telah kami tentukan dan sebelum kami memulai pendakian kami. Terlebih dahulu melaporkan perberitahuan kepada geuesik atau kepala terlebih dahulu.

Setelah melakukan sedikit berbincang  dengan kepala desa kami mulai menuju titik star pendakian yang telat kami tentukan di jauh hari sebelumnya. Sesampainyan di titik star kami mulai membagi tugas masing, saya bertugas mengisi air kedalam jerigen karena kita tau gunung yang kita daki merupakan gunung tunggal, karena posisi gunung tunggal yang paling susah adalah air yang harus paling di utamakan.

Setelah jerigen kami penuh, hari mulai gelap suara burung rangkong terdengar sangai jelas tetap padapukul 18:30 wib. Selepas mendirikan tenda kami menyiapakan alat serta logistic untuk masak makan malam setelah makan malam, kami brifing pada jam 19 :00 wib, kemudian menentukan jarak dan rute yang akan kami lalui target kami malam ini 2500 M setelah melakukan brifing kami tidak lupa member informasik tim ke basscamp.

doc Je (Menentukan Posisi di Peta)

Rabu 12 agustus.

Jam di tangan kiriku menujukan pukul 08;00 wib, Sesuai arahan tadi malam kami memulai penjalanan, saya bertugas sebagai navigator sedangkan palba sebagai leader di perjalanan kami sempat bertemu beberapa orang yang hendak ke kebun dan ada juga yang bertanya kami hendak kemana?” Ujar pemuda menuju kebun itu. “untuk belajar” jawab ku, dan saat itu rayut wajah orang tersebut senang, tak seperti pertama melihat kami yang terlihat gelisah seperti menetupi sesuatu, tapi kami selalu berfikir positif karena kami tujuan kami baik buat belajar.

Pada saat pukul 12:00 wib, kami istirahat melepas rasa lelah kami sejenak dan membuka pekingan siang kami dan masak siang di tempat kami makan siang kami mencari keaadan tempat kami makan dan kami menemukan beberapa tempat penebangan pohon, setelah melakukan makan siat kami mulai pendakian kembali menuju camp yang telat kami tentukan

Berberapa Sarang babi dan bekas babi hutan mencari makan jam sudah menunjkan pada pukul 17:00 wib, kami mulai mencari tempat camp karena hari mulai gelap dan kami mulai mencari kayu bakar dan mulai membuat perapian untuk membuat tubuh kami hangat menghadapi dingin malam setelah selesai mencari kayu bakar dan mendirikan tenda dan mengantikan baju lapangan kami dan mulai memasak makan malam kami mulai duduk di samping berapian yang telat kami buat pukul telat menunjukan jam 19:00 wib, sesuai dengan skedul kami mulai melakukan brifing untuk menetukan jarang  dan target yang akan kami tempuh serta kedala yang kami lalui hari tadi.

doc JE (Menelusuri Hutan Yang Alami)

Kamis  13 Agustus

Pada pukul 08:00 wib, kami berangkat menuju titik yang telah kami tentukan sebelum memulai perjalanan kembali kami tidak lupa membac a doa agar selamat di perjalanan dan melakukan sedikit pemanasan agar saat perjalanan tidak keram. Setelah semua siap kami mulai menggunakan cariel kembali dan melanjudkan perjalanan di tengah perjalanan kami menemukan beberapa pohon besar yang masih alami dan juga beberapa pohon besar yang hanya tinggal akarnya saja karena sudah di tebang sedih melihat pasokan oksigen di tebang tapi kami tidak bias berbuat apa karena itu juga kebutuhan orang yang tinggal di sana, banyak masyarakat disana yang berkerja sebangai penebang pohon. di perlajanan kami kami juga mengalami kesulitan yang membuat kami keluar dari jalur yang telah kami tentukan saat brifing. kami melalui lembah suelawah yang sangat juram perasaan takut pun timbul karena target yang harus kami capai pun belum juga terlihat tak terasa jam sudah menujukan jam 12:00 wib, kami memutuskan untuk istirahat dan makan siang serta mencari dimana posisi kami saat itu rupanya masih saat jauh persaan semakin kacau . Tim yang sudah lelah sedangkat target yang harus kami capai masih jauh, kami terduduk lemas, setelah makan kami memulai perjalan kembali dengan sisa semangat yang sudah mulai hancur dan sepatu saya yang harus saya ikat semakin sulit buat saya bergerak.

Sambil terus bergerak saya beberapa kami mengikat kembali sepatu saya karena slonya kembali lepas kami terus berjalan meyusuri lembah yang sangat juram dan penuh dengan pohon pisang menambah kami semangat kami redup karena susah buat kami mencari koordinat karena berada dalam lembah tidak ada tempat yang bisa kami bidik dans inyalGPS susah jam terus berlalu dengan sengat cepat.

Doc JE Sumber Air Di selatan Punggungan Selawah Agam

Pada pukul 17:00 wib kami terpaksa hanya meyudahi perlajan kami padahari itu karena hari yang sudah mulai gelap kami mendirikan tenda dengan posisi kami kurang lebih 500 m dari target kami kondisi air yang sudah sangat menipis  kami harus berhemat setelah masak dan makan serta mulai brifing karena target yang harus di capai belum juga sampai di situ fikiran saya kacaubangaimana jika kami harus kembali sedangkan top kami masih jauh dan sisa hari kami tinggal 1 hari lagi tapi jika saya harus memilih malam itu pulang dengan kegagalan atau lanjut dengan harus kerja extra .tapi saya salut kepada tim yang tidak pernah ragu untuk menlajutkan perjalanan. Setelah brifing dan member informasi kepada tim bass.

Saya bertugas piket malam itu buat masak makan pagi sekaligus makan siang buat bias membayar hutan kami yang tidak sampai hari ini jam sudah pukul 11:00 wib saya tertidur lelap malam itu.

Jum’at  14 agustus

Pada pukul 08.00 wib, tim mulai melakukan pendakian menuju top, dengan kondisi yang sudah sangat lelah karena harus top dan harus kembali ketitik star, di perjalanan menuju top kami sangat kesusahan karena sangat susah untuk turun menuju titik top kondisinya yang sangat curam dan didalam kondisi harus di kejar waktu, alhamdulilah perjuangan kami berhasil sampai pada jam 09.30  wib, ke titik top setelah melakukan dokumentasi kami harus bergegas turun karena waktu kami tinggal beberapa jam lagi dan buka hal yang mudah untuk kembali ke titik awal pendakian kerena untuk turun samahalnya dengan pendakian kami harus turun lembah kembali pada pukul 12 :00 wib, kami harus istirahat kerena hari jum’at kami harus tetap istirahat dan masak siang setelah kami  makan siang kami langsung bergegas kembali ke titik star pendakian jam 17 :00 wib kami sampe di titik star dan langsung istirahat sejenak, dan mengambil motor yang kami parkir di lading warga jam 08:00 wib kami menjumpai kepala desa pula untuk pamit pulang setelah selesai pamit kami langsung menuju sekret. pukul 22:00 wib kami sampai di sekretariat dan di sambut pengurus, setelah selesai kami mulai memasukan perlengkapan kedalam gudang.

Sampai jumpai.........

Penulis Maulana  (JE.M.010.056.UJG)

1 comment:

1. Salam satu hobi, salam satu jiwa, salam satu raga, salam lestari.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search