Back To Normal

22 August 2013

Katanya anak PA


Couch ModePrint It

(Photo:Yuswardi dan bendera JE)
Pecinta Alam???

Buat Aku , kamu dan mereka...
Apa yang bikin orang jadi seorang pecinta alam? Apakah karena dia telah menginjakkan kakinya dititik tertinggi di atas gunung atau karena dia punya cukup uang untuk memenuhi kebutuhannya untuk melakukan olahraga alam bebas? apakah karena dia punya keanggotaan dalam suatu organisasi yang berjudul PA? apakah karena dia lulus diksar? karena dia bisa menghapal semua materi survival,management gunung hutan dan Navigasi? atau karena dia punya kenalan WANADRI atau bahkan Edmund Hillary….?


Dari cukup lama Aku mencari, Aku punya sedikit pembuktian tentang kesimpulan yang berbunyi seperti ini "Pecinta alam ada sifat dalam dirinya sedikit keberanian,sedikit kenekatan sedikit romantisme dan puitis ,sedikit rasa suka tantangan,sedikit kebiasaan dalam kesendirian sedikit nasionalisme,sedikit cara pandang yang “khas” dan cukup banyak kepedulian".

Apakah sebenarnya yang kita bicarakan ini? apa suatu julukan,suatu gelar,klasifikasi, idealisme,organisasi,atau malah gaya hidup? berapa orang yang punya keanggotaan dalam pecinta alam yang mengetahui jawaban dari pertanyaan ini? atau bahkan gak ada yang peduli?apa yang diajarkan dalam diksar di organisasi kita ternyata semua dan ditambah sedikit materi lagi diajarkan dalam Ospek di perguruan tinggi tempat Aku belajar,lalu apa nilai dari pecinta alam kalau ternyata materi itu bersifat umum,kemarin Aku bertemu sekumpulan anak Club motor yang ternyata punya jadwal terprogram untuk melakukan pendakian, Aku juga bertemu orang yang saat ngobrol , dia mengatakan bahwa dia mantan anggota pecinta alam di daerahnya apakan pecinta alam bisa pensiun / dipecat / mengundurkan diri sebagai pecinta alam? Apakah lalu dia bisa mendaftar atau menjabat jadi seorang perusak alam daripada menganggu?

Yang ada di Diksar kita apakah membentuk seorang pecinta alam atau penerus estafet dewan kepemimpinan ? atau malah pendidikan calon ketua Osis? He…he…

Mana yang tujuan mana yang ekses mana yang proses? Kapan lagi Aku bisa ketemu Sodara PA ku yang “gila” yang bikin Aku  dulu ingin jadi PA? yang ngobrol santai sambil gitaran di samping api unggun dan tenda? Yang punya nilai kebebasan dan kemandirian? yang ga pernah takut liat gunung,hujan,panas,dan jurang? Yang demo dan ngamuk ngamuk ga jelas kalo ada hutan yang gundul? Yang lebih peduli sama perasaan saudaranya ketimbang kesenangan pribadi? yang badannya penuh tanah ngegendong carrier sambil ngobrol akrab dengan penduduk setempat habis sweeping jalur mata air ke desa?yang tergeletak ditanah mandi keringat sehabis nanam bibit pohon di lahan kritis?

Yang ada cuma si brengsek yang tidur dalam tenda WILDERNESS hangat dengan sleeping bag EIGER setelah pukul 9 malam karena dia udah ngerasa kedinginan, yang makin banyak Cuma bajingan yang rebutan tempat tidur sama temannya yang brengsek tadi , juga ada si bangsat yang buang air di samping kali karena malas bikin lobang dan kemudian dia maki- maki teman-temannya dalam hati karena pembagian makanannya gak adil , jangan lupa sama si pecundang ber-style adventure dan pengecut sok PA yang lagi diluar tenda ngomongin kejelekan ketiga teman bodohnya yang lagi rebutan matras NORTH FACE untuk tidur di tenda dan sebenarnya gak Cuma mereka tim saat itu masih ada 3 orang hebat di samping api unggun yang menikmati indahnya bintang sambil ngomongin pacar baru mereka dan gosip artis terbaru serta baru direleasnya game terbaru minggu kemarin tapi bagaimanapun juga mereka anak baik karena gak merokok mereka gak ngerokok karena takut ketahuan mama, sama seperti takutnya mereka untuk nyoba tempat camp yang selain mereka pake sekarang,mereka itu anak baik karena penurut dia nurut aja pada semua perintah yang datang ke mereka dan pengertian yang di berikan orang ke mereka karena mereka percaya pada semua orang dan sifat yang baik seperti itulah yang menjadikan mereka nantinya akan menjadi orang yang hidup tenang saat tua saat hutan digundulin perusahaan asing karena pemerintah bilang itu untuk rakyat. saat permukaan tanah turun akibat air tanah dikuras dan resapan air gak ada karena katanya untuk pembangunan pemukiman demi kesejahteraan masyarakat mereka akan terus hidup tenang hingga mati karena memang pintu pikiran mereka sudah mati sejak dulu. Mati dari kebebasan berpikir. Mati dari pertanyaan karena mereka hanya bisa menjadi penurut, karena mereka anak baik Mereka mati dari pertanyaan tentang makna hidup karena terbuai rutinitas,Mati dari idealisme dan mati karena mereka hanya hidup untuk menunggu mati.

Bukankah begitu yang disebut baik?
Kalo bukan begitu lalu buat apa?
Apa tindakan mereka salah ? 
Kamu jangan main-main dengan pendapatmu apa lagi jika pendapatmu membenarkan pendapat aku.

Aku punya bukti kalau pendapat Aku salah.
Salah satunya adalah bahwa Aku adalah si bodoh idiot dan tukang buang waktu yang gak tahu apakah tulisan ini bakal berguna apa gak yang dari jauh punya keyakinan gak logis bahwa Aku dengan jarak kurang lebih 300 km bisa mengajak mereka merenung dan mencari bersama makna hidup dan mengisi hidup sebagai perjuangan untuk kelestarian alam, nusa dan bangsa karena itu menjadi tujuan dari beberapa orang untuk mengenal alam lebih dekat dan lebih dekat lagi…

Ada yang bilang ini-itu,banyak yang berteori, banyak yang berusaha, banyak yang terjadi tapi gak ada yang berubah di samping itu semua mana yang benar? Mana yang salah atau paling tidak mana yang mungkin bisa kita wujudkan jadi kenyataan tak peduli salah atau benar.

Untuk lebih membedakan antara style adventure,pecinta olah raga alam bebas,orang gak berpendirian dan PECINTA ALAM, coba kita renungkan apakah arti dari pecinta alam?

Buat Aku, kamu dan mereka…
Untuk saudara dan calon saudaraku
Kamu adalah apa yang isi kepalamu pikirkan dan apa yang kamu renungkan
Untuk Saudara-saudara Mapala yang memberiku banyak pelajaran
Untuk JE (Jabal Everest) ku yang dulu kita dirikan dengan susah payah dan akhir nya berdiri mari kita berfikir untuk lingkungan.
Hijau bumi ku
Lestari Alam ku Lestari Saudara ku semua....


Ditulis oleh Yuswardi "ollo" (JE.P.001.UJG)

Click Here For Smileys :D
:D
:)
:[
;)
:D
:O
(6)
(A)
:'(
:|
:o)
8)
(K)
(M)

No comments:

Post a Comment